Laniratulangi's Blog

Sam Ratu Langie and Descendants

Mr.A.A.Maramis, Tokoh dalam Sejarah

2 Comments

Adalah satu buku yang saya ketemu di Toko Buku Gramedia Manado di bulan Juni tahun 2001. Sampulnya adalah seperti digambar dibawah ini

Cover Buku: "Pesona Nyiur Melambai, Sebuah Refleksi"

Cover Buku: “Pesona Nyiur Melambai, Sebuah Refleksi”

Buku itu sangat menarik perhatianku karena setiap halaman dicetak full-colour (yang mestinya sangat mahal) sedangkan harga jualnya sebagaimana tertera pada pojok buku tidak terlalu mahal tetapi biasa2 saja.

Ternyata setelah saya beli buku tersebut dicetak ditahu 1996 sewaktu Bpk. Mangidaan berfungsi selaku Gubernur SULUT. Dimaksudkan sebagai refleksi pada saat Republik kita mencapai umur 50 tahun. Tetapi karena karena satu dan lain hal (katanya karena tak ada SATU-pun foto atau tulisan dari tentang Sang Penguasa pada saat itu maka para penerbit enggan (takut) memasarkannya dan baru meloloskannya beberapa tahun setelah Soeharto lengser.

Karena saya kira bayak tulisan2 didalam buku itu menarik, khususnya bagi kaum muda maka nanti scanning-nya berangsur2 akan saya sajikan dalam blog saya ini. Dan yang pertama2 adalah mengenai Mr. Maramis, atau yang saya sapa waktu masih di Batavia “Oom Alex Maramis” dan istrinya “Tante Bep”. Tante Bep adalah keturunan Belanda. Kalau salah seorang dari mereka berulang-tahun pasti orang tua saya diundang kerumahnya yang berada tepat dipojok didepan setasiun Gambir, atau disebelah Gereja “Willemskerk”. Dan biasanya saya dan adik saya ikut serta,

Beberapa adik dari Oom Alex juga berdiam disana karena rumahnya besar sekali (lazimnya rumah2 doeloe). Ada Tante Hilda  dan Tante Antje yang saat ini saya ingat namanya.

Dibawah ini saya  sajikan scanning (yang mengenai diri Oom Alex) dari buku tersebut diatas:

Mr. A.A. Maramis

Mr. A.A. Maramis (1)

Mr. A.A.Maramis (2)

Mr. A.A.Maramis (2)

Mr. A.A. Maramis (3)

Mr. A.A. Maramis (3)

Mr. A.A. Maramis (4)

Mr. A.A. Maramis (4)

Mr. A.A. Maramis (5)

Mr. A.A. Maramis (5)

Belakangan ini saya temukan satu foto dari Oom Alex Maramis sewaktu masih muda sekitar 1920an . Foto itu aku temukan di buku “In het Land der overheersers’  Editor Poeze. Pada foto itu oom Alex berpose bersama empat rekan2 mahasiswa Indonesia asal  Jawa dan Sumatra (Pamoetjak, kanan).

Alex Maramis 9tengah)

About these ads

Author: laniratulangi

I am a retired chemical consultant, now enjoying my "golden years", dedicating myself to all sorts of hobbies: reading, blogging, digging

2 thoughts on “Mr.A.A.Maramis, Tokoh dalam Sejarah

  1. terima kasih ibu lani yang sudah memposting tulisan ini disini,semoga tulisan ini akan memberikan motivasi dan semangat bagi kami sebagai generasi muda khususnya warga SULUT untuk tetap terus berpatisipasi mengisi kemerdekaan bangsa ini.
    Dengan sejarah kami bisa mengetahui bagaimana peran MR. A. A. Maramis dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

  2. Dear Olivia,
    Terima kasih juga atas perhatian Anda pada materi Blog saya.
    T. Lani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,389 other followers