200px-Aa_maramis

Patung Mr. MARAMIS di Manado
Patung Mr. MARAMIS di Manado
Cover dari buku: NYIUR MELABAI
Cover dari buku: NYIUR MELABAI

Suatu hari ditahun 2001 sewaktu saya di Manado saya kunjungi Toko Buku GRAMEDIA dan kulihat setumpuk buku hardcover fullcolour dengan judul seperti disebut diatas.
Dengan warna-warni yang cerah pada covernya buku ini langsung menarik perhatian saya. Ternyata bahwa sesuai ceritera orang buku ini yang menurut isi materinya dimaksudkan untuk menyambut tahun emas pendirian Republik kita ini, waktu itu tidak boleh diterbitkan karena tidak memuati halaman depan atau dedikasi oleh sang presiden waktu itu Presiden Suharto …….
Ya… sudahlah,,, jadinya setelah beliau lengser maka berkat bantuan beberapa pihak mungkin lima tahun kemudian dapat diterbitkan.
Karena saya menilai bahwa beberapa artikel didalamnya bagus untuk lebih diketahui oleh kita maka saya telah menscannya dan memuatinya dalam blog saya ini sejak sekitar setengah tahun lalu.
Hari ini, menjelang HUT ke 66 pendirian RI maka saya ingin tambahkan informasi perihal partisipasi dua orang asal Sulawesi Utara pada Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ditahun 1945 san sumbangsih mereka yakni Mr. A. A.Maramis dan DR. G.S.S.J.Ratu Langie.
Pada post ini akan saya sajikan scanning perihal sumbangan pikiran Mr. Maramis dan komponen2 Sulawesi Utara lainnya sedangkan pada post yang berikut mengenai kontribusi Sam Ratu Langie pada persiapan itu.

Maramis01
Maramis01
Maramis02
Maramis02
Maramis03
Maramis03
Patung Mr. MARAMIS di Manado
Patung Mr. MARAMIS di Manado