Silsilah Keturunan Dotu ESTEFANUS GERUNGAN
Silsilah Keturunan Dotu ESTEFANUS GERUNGAN

Jika masih muda kehidupan terbentang terbuka dihadapan kita….. Melihat masa depan dengan mencari jawaban kepada pertanyaan: “Bagaimana saya bisa bertahan untuk meneruskan keberadaan didunia yang sebegitu cepat berobah?”

Pada umur yang semakin lanjut kita lebih sering melihat kebelakang, jauh kebelakang bahkan sampai memikirkan perihal “Bagaimana sebenarnya sampai kita sampai eksis?” Dalam upaya mencari jawaban untuk pertanyaan ini sampai2lah terkadang kebidang filosofis.

Namun ini bukan maksud dari postingan ini melainkan menelusuri jejak mundur keberadaan fisik kita yakni asal usul kita……..

Mengenai alm. ayah saya telah banyak diposting di blog saya ini baik salinan atau kutipan dari artikel2 mengenai beliau, juga mengenai asal-usul ibu saya pun banyak posting. Cukup Anda melihat pada”blogrol” yang ada disisikiri atau kanan dari blog saya.

Kali ini saya ingin sajikan mengenai satu dari AKAR-AKAR saya yakni ” Akar keluarga GERUNGAN saya”.

Ternyata di keluarga ini ada pemuka2 masyarakat yang telah membuktikan kemampuannya. Dalam buku: “Silsilah DOTU ESTEFANUS GERUNGAN” yang disusun oleh Alm. J.B. Gerungan dan diterbitkan Juni 2006 maka Jaap Gerungan telah memperlihatkan ginealogi keluarga GERUNGAN dengan berbagai foto yang ada dalam koleksi beliau.

Sayang jilid yang saya miliki adalah hasil fotokopy-an sehingga foto2 dan naskah selengkapnya tidak layak untuk discan. Saya telah membuat janji dengan puteri sulung dari Jaap Gerungan yang bernama Meidy bahwa saya bermaksud meminjam koleksinya akhir bulan ini. Semoga dapat saya tambahkan di postingan ini.

Anda dapat melihat pada dokumen:

My GERUNGAN ROOTS 

hal2 berkenaan dengan nama2 keluarga besar GERUNGAN sejauh tercatat dalam data2 Oom Jaap Gerungan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa kesalahan tik dalam daftar2 yang disajikan disana.

Konon saya dengar bahwa Oom Boeng Dotulong (Ya…. beliau juga masuk keluarga besar GERUNGAN)  telah menerbitkan pembaharuan dari dokumen ini, dan juga bahwa (sesuai dengan tingkat teknologi masa kini) sudah ada versi yang dibuat dengan software khusus yang banyak dipakai untuk maksud demikian.

Silahkan melihat2 apakh nama Oma, Opa , Oom atau Tante Anda ada pada daftar itu.