Gerbang dan jalan masuk ke Situs
Gerbang dan jalan masuk ke Situs Serui, Papua

Satu tulisan Ir. Adwin Ratulangi Ichwan di Sarasehan Keluarga di Pineleng, (SULUT) ditahun 1999 saya reblog agar dapat memperoleh perhatian pemerhati……..

Lanirat's minimalist blog

Makna Pemikiran Sam Ratulangi untuk Masa Mendatang : Menyoroti Aspek Ekonomi

Oleh: Ir. Adwin Ratulangi Ichwan

I. PENDAHULUAN

Dr.Sam Ratulangi dalam masa pra kemerdekaan Republik Indonesia selain sebagai politikus telah banyak menyumbangkan pemikiran mengenai aspek ekonomi yang menggambarkan posisi Indonesia dalam perokonomian dunia.

Pemikiran beliau sebagian besar dituangkan didalam bukunya Indonesia di Pasifik (1937). Kemudian Dr.Sam Ratulangi menerbitkan majalah politik mingguan Nationale Commentaren dari Tahun 1938 sampai dengan Tahun 1942.

Sebelumnya sejak tahun 1934 di Sam Ratulangi telah menyampaikan pendapat tentang posisi ekonomi dan Industri Indonesia, baik dalam wawancara maupun pidato-pidatonya didepan Volksraad (Dewan Rakyat) Dalam beberapa uraian penjelasannya tercakup pula masalah penanaman modal asing di Indonesia serta pentingnya membangun Indonesia dengan kekuatan sendiri.

Dalam penyampaian pemikirannya DR. Sam Ratulangi telah memasukkan pula faktor-faktor perbedaan perencanaan yang dibutuhkan untuk membangun daerah kepulauan Indonesia mengingat bahwa setiap daerah memiliki alam, tingkat penghidupan dan kebudayaan sendiri yang unik.

Dalam masa awal pemerintahan…

View original post 1,311 more words